Minggu, 13 Desember 2015

Wirausaha Bola-Bola Singkong



A.      URAIAN USAHA
1.        Latar Belakang Usaha
       Di zaman yang telah modern seperti sekarang ini, telah banyak makanan kecil yang beraneka rasa dengan berbagai macam bentuk.  Banyaknya masyarakat yang menggemari aneka makanan kecil itu menjadi peluang usaha untuk menciptakan sebuah makanan kecil yang ringan dan juga mengenyangkan yang sekarang ini masih jarang peredarannya di pasaran.
Untuk itu, dibuatlah bola-bola singkong yang terbuat dengan bahan dasar singkong yang berbentuk bulat kecil-kecil seperti kelereng. Bentuknya yang kecil dimaksudkan agar dapat memudahkan konsumen dalam memakannya.

2.        Prospek Perusahaan
Diharapkan dapat menjadi makanan kecil yang ringan serta awet dan juga dapat menjadi makanan alternatif pengganti nasi karena kandungan gizi bola-bola singkong tidak kalah dengan nasi.

3.        Hambatan yang Dihadapi
1.    Kurangnya ketertarikan konsumen dengan makanan berbahan dasar singkong.
2.    Banyaknya pesaing yang mempunyai usaha dibidang makanan

4.        Pemecahan Masalah
1.    Membuat singkong menjadi olahan yang enak dan ringan agar disukai masyarakat
2.    Berkreasi agar makanan yang diciptakan mengundang rasa penasaran konsumen untuk mencobanya

B.       PRODUK
a.    Bentuk
Olahan yang berbentuk bulat kecil-kecil
b.    Jenis
Makanan kecil / kudapan yang terbuat dari singkong
c.    Kegunaan
Makanan yang difungsikan sebagai makanan kecil yang mengenyangkan seta sehat
dan aman untuk dikonsumsi
d.   Proses Pembuatan Bola-Bola Singkong

Proses Pembuatan
Bahan :
·      1 kg singkong
·      ¼ gula merah
·      ½ kelapa
·      Garam secukupnya
Alat :
·      Pisau
·      Baskom
·      Panci
·      Loyang
·      Talenan
·      Sendok
·      Parutan

Langkah-langkah :
1.    Parut singkong kemudian peras untuk menghilangkan airnya
2.    Parut kelapa
3.    Campur singkong dengan gula merah, aduk hingga rata
4.    Masukkan adonan singkong ke dalam loyang untuk dikukus, sertakan juga parutan kelapa.
5.    Tunggu beberapa menit sampai adonan matang
6.    Bentuk adonan bulat kecil-kecil seperti kelereng
7.    Adonan siap dihidangkan
8.    Untuk penambah rasa  tambahkan parutan kelapa

C.      LOKASI
Dipasarkan dari satu tempat / warung ke tempat / warung  yang lain, atau dapat langsung
dipasarkan kepada konsumen.

D.      PASAR DAN SEGMEN PASAR
Segmen pasar bagi pemasaran produk makanan ini ditujukan untuk siapa saja termasuk kalangan menengah ke bawah, anak-anak dan juga orang tua.

E.       PERSAINGAN
1.    Jumlah pesaing yang dihadapi tidak terbatas, banyak sekali pesaing yang memiliki usaha dibidang makanan kecil.
2.    Strategi pemasaran dalam menghadapi pesaing yaitu dengan membuat makanan kecil yang berbeda dan menarik untuk dikonsumsi

F.       LAPORAN KEUANGAN       
Ø Bahan- bahan :
-       1 kg singkong                Rp. 1500,-
-       1/2  butirkelapa              Rp.3000,-
-       ¼   gula merah               Rp.4000,-
JUMLAH                    Rp. 8500,-
Ø Perlengkapan
Mika                                   Rp. 4000,-
Ø Harga Jual
-       Biaya bahan produksi    Rp. 8500,-
-       Biaya perlengkapan       Rp. 4000,-
JUMLAH                          Rp. 12500,-
Ø Laba yang diinginkan
5% x  jumlah harga jual produksi = 5% x Rp.12.500
                                                      =  Rp.625
Ø Jumlah yang diproduksi = 30 bungkus ( per bungkus berisi 5 biji )
Ø Harga jual per biji = Jumlah harga / Jumlah yang diproduksi
= 12.500 / 30  = Rp. 400

Jadi harga jual per bungkus Rp. 2000

G.  SDM

Tidak ada karyawan dalam usaha ini karena masih berbentuk usaha kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar